Alpha Beraksi

Alpha Beraksi

Italia

Bagi saya Alpha seperti curahan kasih

Roberta dan Diego adalah orang yang sangat bersemangat tentang Alpha untuk anak-anak muda. Setelah bertemu dengan Nikcy Gumbel dua tahun yang lalu, Diego langsung mengetahui bahwa Alpha akan menjadi sesuatu yang membawa dampak bagi jemaatnya. Pada tahun yang sama, Roberta mengikuti pelatihan Alpha dan menyadari potensi besar Alpha dalam doa dan penyembahan. Dan Alpha-lah yang telah mempertemukan pasangan yang sekarang telah menikah ini.

Dampak seperti apa yang telah dilakukan oleh Alpha dalam hidup anda?

D: Yang pasti Alpha telah mengubah cara saya berdoa, dan hubungan saya dengan jemaat saya. Semakin lama, saya semakin yakin bahwa Alpha adalah alat yang sempurna untuk penginjilan.

R: Bagi saya, Alpha  seperti curahan kasih. Mungkin ekspresi yang terdengar aneh, namun bagi saya itulah satu-satunya cara untuk menggambarkannya. Sebelum memulai Alpha, saya mengetahui unsur-unsur di dalam Tuhan, namun saya tidak merasakan hal-hal tertentu dalam hubungan saya dengan-Nya. Ketika menyadari perbedaan tersebut dan mengenal Dia lebih lagi membuat saya merasa seperti curahan kasih itu benar-benar mengaliri saya. Alpha juga telah mengubah hubungan saya dengan orang lain dalam komunitas, sampai-sampai orang yang pertama kali tahu bahwa saya dan Diego akan menikah adalah orang-orang Alpha. 

Bagaimana cara Anda membuat pesan mengenai Yesus relevan dengan anak-anak muda di Italia?

R: Faktanya, Alpha mendorong kami untuk tidak menunggu sampai anak-anak muda bergairah untuk mengenal Tuhan, tetapi membawa pesan Yesus ke daerah metropoliitan - pub, bar - dan dimanapun anak-anak muda berkumpul sangatlah menakjubkan.

D: Begitulah cara Tuhan bekerja, tidak selalu dengan cara-cara yang biasa. Bagusnya Alpha adalah bahwa anda tidak perlu menunggu anak-anak muda untuk datang kepada anda. Kita bisa mendatangi mereka, berbicara langsung dengan mereka, mengenal mereka dan melibatkan mereka dengan iman.

Apa hal terbesar yang Alpha sediakan untuk anak-anak muda?

R: Alpha bukanlah seperti khotbah atau pelajaran agama yang hanya memberitahu orang-orang tentang kasih Tuhan. Tapi mengijinkan anda untuk mengalami kasih Tuhan dengan - dan melalui orang-orang yang berada di Alpha bersama anda dan yang membantu anda dalam perjalanan anda. Setiap orang berdoa dan menyembah bersama-sama. 

D: Satu hal yang benar-benar saya percayai adalah pentingnya menyambut orang-orang, dan terbuka dengan semua jenis orang. Itulah yang Alpha ajarkan kepada jemaat kami dan itu adalah pengalaman nyata yang akan tetap saya ingat selamanya. Dan hal itu sangat relevan bagi anak muda saat ini. Anda tidak bisa meremehkan mereka karena mereka akan meresponi sesuai dengan cara kita menyambut mereka.

Begitulah cara Tuhan bekerja, tidak selalu dengan cara-cara yang biasa

Pernahkah anda menghadapi tantangan saat melakukan Alpha di Italia?

D: Sebenarnya berjalan dengan sangat baik. Kami belum menemukan kesulitan yang cukup berarti. Kami melihat bahwa orang-orang memiliki rasa lapar akan kasih Tuhan, dan menikmati kesempatan untuk bisa menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mereka. Benar-benar berjalan dengan sangat baik, kami belum menghadapi tantangan apapun.

Kami sangat antusias tentang Alpha karena telah melihat hasil yang meyakinkan. Kami menyebarkan Alpha kepada jemaat lainnya, dan juga di luar jemaat – kami tidak mau hanya melakukan Alpha hanya dalam konteks agama atau gereja, tetapi kami mau keluar dan menemui orang-orang biasa, secara langsung, yang mungkin mau ikut Alpha.

Apa yang paling menggairahkan bagi anda mengenai Alpha di Italia pada masa mendatang? Dan dimana anda melihat diri anda sendiri di masa depan?

R: Saya mau melanjutkan program ini hingga sepuluh tahun ke depan, saya berharap Alpha akan berakar secara signifikan di Italia. Saya harap orang-orang di Italia akan melihat bahwa meskipun Alpha berasal dari luar negeri dan dari aliran kekristenan di luar tradisi Katolik, masih bisa tetap cocok bagi kami disini. Roh Tuhan tidak hanya bekerja di lingkungan dan daerah-daerah tertentu saja - Roh Tuhan dapat menjangkau semua tempat.

D: Bagi saya Alpha telah mengubah hidup saya. Hal yang wajar ketika anda merasakan pengalaman yang indah, anda ingin membagikannya kepada orang lain. Jadi dalam sepuluh tahun kedepan saya melihat diri saya bekerja sama dengan paroki-paroki lain dan mengajarkan mereka bagaimana cara menjalankan Alpha.

Find an Alpha near you

Try Alpha

Find out more about Alpha

Learn more

Related